NamaLabel

+

Laporkan Penyalahgunaan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

?orderby=published&alt=json-in-script&callback=labelthumbsfoto\"><\/script>");
?alt=json-in-script&callback=showpostcount">

Iklan

Slider

Headline

Jelajahi

  • Jelajahi

    Copyright © Pwarta.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Terkini

    Terkini

    Iklan

    JustForex

    Populer Tahun ini

    Terpopuler

    Terpopuler

    Populer Minggu ini

    Populer Bulan ini

    Hal-hal Yang Wajib Diperhatikan SNMPTN 2022

    Posting Komentar


     


        Assalamu'alaykum Calon Mahasiswa dan mahasiswi  jalur SNMPTN 2022. Untuk kamu yang belum mengerti jalur apa aja si, untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri ? Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai jalur-jalur masuk PTN secara lengkap dan mudah dipahami. Buat calon-calon mahasiswa wajib nih, ikutin blog ini karena cuman di blog pwarta.com semua informasi mengenai SNMPTN,UTBK,SMBPTN dan UM-Mandiri terlengkap. Jangan lupa klik iklan untuk mendukung blog agar selalu update informasi seputar kuliah ya...


    Dalam Penerimaan Mahasiswa baru, PTN di Indonesia memiliki beberapa jalur sebagai berikut:

    1. SNMPTN

    Jalur SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) adalah jalur melalui nilai rapor semester 1 - 5. Penyeleksian dilakukan secara bertahap, yakni seleksi antar kelas, lalu sekolah, dan nasional. Pendaftaran jalur SNMPTN  dilakukan awal tahun 2022, dengan mengisi PDSS, mengisi data diri dan informasi lainnya. Terdapat syarat-syarat pendaftaran SNMPTN yaitu :

    Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 :

    1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
    2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
    3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
    4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

    2. UTBK-SBMPTN


    Jalur UTBK-SBMPTN merupakan jalur lewat tes. Jalur ini dikenakan biaya tes. Adapun ketentuan pada UTBK-SBMPTN yaitu:

    1.  Materi Tes UTBK yaitu TPS, Bahasa Inggris dan TKA.
    2.  Ujian Tulis Berbasis Komputer.
    3.  Kelompok Ujian Saintek / Shosum  / campuran.
    4.  Tes hanya dapat dilakukan sekali.
    5.  Hasil tes akan diberikan secara individu.


    3. Ujian Mandiri


    Jalur ujian mandiri ini dilakukan pada PTN-PTN masing-masing. Setiap PTN memiliki syarat -syarat ujian mandiri  masing - masing. Jalur ini terkenal dengan jalur orang kaya, karena biaya UKT yang mahal. Maka untuk mendaftar jalur mandiri pada PTN yang di inginkan bukalah website resmi PTN tersebut.



    Nah, jadi sudahlah dijelaskan 3 jalur ujian masuk PTN. Untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang ingin kuliahpada PTN impian lewat jalur SNMPTN, maka berikut adalah Hal - hal yang wajib diperhatikan SNMPTN 2022 :


    1.  Nilai Rapor



    SNMPTN  merupakan jalur lewat nilai rapor semester 1-5. Nilai rapor ini yang akan menjadi acuan lolos atau tidaknya siswa masuk PTN. Nilai rapor ini memiliki nilai KKM yaitu 75.  Pendaftaran SNMPTN  memiliki tahapan-tahapan yaitu :

    • Seleksi Nilai antar Teman  Kelas 
    Tahap pertama pihak sekolah akan mendaftarkan semua siswa di PDSS. Siswa yang lolos seleksi PDSS akan didaftarkan SNMPTN.  Lalu pihak sekolah akan mengupload data-data siswa dan nilai rapor. Setelah nilai diupload maka siswa akan memilih jurusan dan PTN yang diinnginkan. 

    Pemilihan jurusan dan PTN siswa dianjurkan untuk memilih sesuai keinginan dan sesuai dengan nilai rapor. Tahapan pemilihan jurusan dipengaruhi oleh nilai rapor besar atau  kecilnya nilai.  Ceklah apakah kamu dan teman kamu memiliki jurusan yang sama ? apakah nilai kamu lebih besar atau lebih kecil dari teman kamu?  baca juga:strategi tepat untuk menghitung nilai rapor agar lolos.

    Pilihlah jurusan yang benar-benar sesuai dengan nilai rapor agar memiliki peluang untuk lolos SNMPTN.  Hitunglah nilai rapor kamu agar tepat sesuai jurusan yang diinginkan berikut cara menghitung nuilai rapor:hhhhh


    • Seleksi antar Sekolah
    Setelah melewati seleksi antar kelas, maka data dan nilai siswa akan diseleksi  antar sekolah mana yang lebih unggul. Seleksi  nilai ini membuat jalur SNMPTN sagat ketat,  maka cermatlah dalam melihat jurusan , nilai rapor kamu dan peluang lolos pada PTN yang kamu impikan.


    • Seleksi Nasional
    Seleksi nasional akan lebih ketat  karena nilai  rapor akan diolah dan dibandingkan dengan antar sekolah , makna yang lebih unggul untuk lolos SNMPTN. Maka banyaklah berdoa agar kamu lolos SNMPTN 2022 . 


    2.  Pemilihan Jurusan 



    Jurusan  pada PTN  memiliki passing grade berbeda-beda. Bisa dilihat pada masing-masing PTN yang  anda impikan. Passing grade merupakan  acuan nilai yang bertujuan untuk meloloskan  para calon mahasiswa. Passing grade  menjadi patokan nilai-nilai siswa yang lolos pada tahun sebelumnya. 
    Pilihlah passing grade yang sesuai dengan nilai rapot anda. Sesuaikan nilai rata-rata rapor dengan passing grade. Apakah sesuai dan cukup untuk mendaftar pada jurusan tersebut?


    Nilai passing grade dinyatakan dalam bentuk presentase dan berkisar antara 40%-50%. Semakin tinggi passing grade maka semakin kecil tingkat kesulitan kelolosan dan semakin kecil nilai presentase passing grade maka semakin  besar tingkat kelolosan.

     
    3. Pemilihan PTN



    Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia memiliki kapasistas masing-masing dalam menerima calon mahasiswa. Pilihlah PTN yang sesuai dengan nilai rata-rata rapor anda agar lolos, jika nilai rapor tidak ssesuai dengan passing grade PTN maka akan berpeluang gagal . 

    PTN yang terkenal biasanya lebih  ketat dalam menyeleksi nilai para calon mahasiswa. Persiapkan mulai dari sekarang, dengan cara menghiting nilai rata-rata rapor, memilih jurusan dan memilih PTN  tujuan. Lakukan sebaik mungkin agar peluang  untuk lolos besar dan perbanyak berdoa . Semoga anda adalah orang yang terkabul doanya untuk lolos di PTN yang diimpikan, aamiin.





    Terbaru Lebih lama

    Related Posts

    Posting Komentar