-->
Pwarta.com

Informasi ter update, Berita terkini, info beasiswa ter update, tips trik sukses, SNMPTN , BEASISWA S1, S2,S3,D3,DR, Bisnis, pendidikan.

  • Jelajahi

    Copyright © Pwarta.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustForex

    10 Kesalahan Siswa Gagal Lolos SNMPTN Yang Wajib Dihindari

    Senin, 17 Agustus 2020, Agustus 17, 2020 WIB Last Updated 2020-08-22T04:38:48Z
    ads
    adsense


    Hallo Sobat Juang, Gimana nih kabarnya? Semoga sehat walafiat dan Semoga yang baca lolos SNMPTN ya. Sobat Juang tau kehebohan semester 5 ini ,mulai dari persiapan nilai agar gk turun, persiapan mulai Try Out , persiapan Ujian Sekolah maupun UN dan persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri. Nah buat yang belum tau, apa aja sih jalur-jalur masuk PTN di Indonesia?
    Jadi Jalur Masuk PTN ada SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Setiap jalur ada syarat dan ketentuannya masing - masing loh. 

    Jalur SNMPTN atau Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri  merupakan jalur lewat rapor semester satu sampai semester lima sobat juang. Menurut  orang, jalur ini jalur keberuntungan karena hanya orang - orang yang beruntung , memiliki strategi yang tepat dalam menempatkan nilai sesuai jurusan/program studi dan PTN yang benar, karena belum tentu orang yang memiliki nilai tinggi dan rangking kelas menjamin lolos SNMPTN, dan sebaliknya orang yang biasa aja nilainya tidak menjamin dia tidak lolos SNMPTN . Jadi banyak yang harus diperhatikan sobat juang, jangan gagal merencanakan ya,..  

    Nah, buat sobat juang yang tahun besok mendaftar SNMPTN, baca dulu ya, apa aja sih kesalahan para siswa gagal lolos SNMPTN ? Simak baik - baik ya, agar sobat bisa menghindari nya ! 

    1. Jejak Sekolah

    Para siswa setelah lulus dari SMP  melanjutkan ke SMA/MA/SMK. Nah sobat juang, pilihlah sekolah yang akreditasinya bagus ya,.. Karena akreditasi yang bagus akan menentukan saat kuliah. Jadi lihat akreditasi sekolah sobat juang, apakah akreditasi A , B atau C ? Dan lihat jumlah alumni yang masuk ke PTN dan jurusan yang sobat juang inginkan.

    Jika akreditasi sekolah sobat juang bagus maka sangat menentukan kuota penerimaan SNMPTN. Lihat juga ya, apakah ada kakak tingkat sobat juang yang kena backlist di PTN ? Maka, itu menghambat sobat juang  , karena sistem backlist ini terjadi jika kakak tingkat sobat yang mendapat jalur undangan SNMPTN dan lolos di PTN tersebut, lalu ternyata tidak diambil. Mengakibatkan sekolah sobat kredibilitasnya turun di PTN tersebut.Maka sobat harus benar-benar cari tau ya,bagaimana kualitas pilihan sekolahmu karena akan berhubungan dengan PTN tujuan 

    2. Memilih PTN Favorit

    Semua orang menginginkan yang terbaik, begitu juga dengan memilih PTN. Biasanya yang berjulukan favorit itu kualitasnya bagus dan berstandar tinggi. Banyak siswa yang mendaftar ke PTN favorit gagal SNMPTN. Sob, PTN favorit itu persaingan nya ketat , unggul-unggul nilai rapor dan prestasinya. Jika nilai rapor kamu belum memenuhi kriteria PTN favorit, jangan coba-coba mendaftar ya, karena peluang lolosnya kecil. 

    Nah, karena persaingannya unggul-unggul dan kuota penerimaan yang sedikit itu membuat kamu tereliminasi jika nilai kamu kecil . Untuk sobat juang yang nilai nya memenuhi kriteria PTN pertahankan ya, dan jangan sampai turun !


    3. Memilih Program Studi/Jurusan 

    Saat sobat mendaftar SNMPTN, kamu harus memilih program studi yang sesuai dengan nilai rapor kamu. Jika kamu salah menempatkan program studi yang tidak sesuai dengan nilai rapor maka sobat akan gagal lolos SNMPTN. Jika nilai kamu kecil pilihlah program studi yang tepat dan pilihlah PTN yang pesaing nya sedikit, agar memperbesar peluang untuk lolos SNMPTN. Jika nilai sobat tinggi maka pilih program studi yang sesuai dengan rapor dan sobat bisa mendaftar di PTN favorit .

    4. Penempatan Nilai Rapor

    Sobat juang dalam SNMPTN terdapat nilai-nilai yang diperhitungkan, yakni nilai matematika, bahasa inggris, dan mata pelajaran jurusan ( misal IPA = Fisika, Kimia, biologi). Nilai yang diambil dari semester 1 sampai semester 5 loh,. Jadi sobat harus berhati-hati ya jangan sampai memilih  program studi yang tidak sesuai dengan nilai rapor ya. Karena Sistem SNMPTN otomatis akan menilai dari data rapor kamu, jika data atau nilai kamu tidak sesuai dengan program studi maka otomatis sistem akan menolak dan kamu akan gagal SNMPTN.Maka dari itu sobat harus persiapkan dari sekarang, kamu bisa Analisis jitu nilai rapor agar lolos SNMPTN sendiri loh, . 

    5. Prestasi Akademik

    Nah buat sobat juang yang selama disekolah mempunyai prestasi akademik, bisa jadi nilai plus buat daftar SNMPTN. Sobat bisa menambah prestasi akademik dari sekarang, misalnya sobat lomba tingkat provinsi atau nasional. Untuk sobat juang yang selama bersekolah belum ada prestasi akademik, gk perlu iri sama yang berprestasi ya, dan jangan pesimis sama yang juara lomba. Karena walupun mereka mempunyai piagam , mereka belum tentu lolos SNMPTN loh, Kenapa??? karena di SNMPTN kalo gk tau strategi nya, analisis rapor yang ngawur, salah milih program studi , maka mereka akan gagal.
    So, semangat buat atur strategi ya!

    6. Tidak Memperhatikan Passing Grade

    Sobat juang, jangan lupa perhatikan passing grade di PTN yang dituju ya, sobat sebelumnya sudah tau belum, Apa si yang dimaksud Passing Grade? Passing grade adalah batas nilai minimal yang harus sobat capai agar sobat juang berpeluang diterima di jurusan dan ptn impian. Nah, passing grade ini biasanya ditunjukkan berupa presentase (%).

    Nah untuk PTN dengan Passing Grade sekitar 40 - 50 % berarti persaingan sangat ketat.Sementara Passing Grade dibawah 40 % berarti persaingan sedikit. Sobat harus juga memperhatikan presentase nilai rapor, agar sesuai dengan passing grade impian. Sobat bisa search di google tentang passing grade PTN yang ingin sobat cari ya,.

    7. Tidak Teliti dalam Mengisi Biodata di LMPT

    Dalam mengisi data di LTMPT sobat juang harus teliti dalam mengisi ya, jgan sampai salah atau keliru. Karena Sistem akan membaca otomatis data-data yang sobat juang kirim yang disesuaikan dengan data sekolah . Sobat juang juga jangan mengisi data nilai rapor ngawur,misalnya nilai di rapor asli kecil, ehh di data LTMPT di gede.in biar lolos,. nah itu salah sobat , jangan dilakukan ya,.. heheheh.

    8. Salah Strategi

    Ini adalah senjata paling ampuh buat lolos SNMPTN, yaitu STRATEGI. Karena walaupun nilainya gede-gede,dan  peringkat kelas itu tidak menjamin apapun, loh kok gitu ya? Kenapa? karena kunci untuk lolos SNMPTN itu strateginya sob, misalnya dari analisis rapor yang bener-bener sesuai dengan program studi dan PTN. Kalau nilai gede tapi salah menempatakan nilai yang gak sesuai program studi otomatis gagal loh, kalu nilai kecil tapi tepat dan benar menempatkan program studi bisa berpeluang lolos SNMPTN. Jadi sobat juang harus menemukan strategi yang cocok untuk nilai rapor sobat ya.

    9. Gagal Merencanakan

    Sobat juang mungkin dari sekarang sudah memiliki rencana buat 5 tahun yang akan datang atau apa masih belum ada rencana? Orang sukses adalah orang yang sukses merencakan. 

    Sobat juang jika gagal merencakan, maka sobat juang merencanakan kegagalan, kok bisa? Iya, sobat bisa gagal merencanakan SNMPTN jika  memilih program studi yang salah gak sesuai dengan rapor, trus salah strategi, salah PTN, dan lain nya .
    Makanya mulai dari sekarang sobat harus sukses merencanakan, maka merencakan kesuksesan. Sobat akan sangat bahagia dan bersyukur kalau lolos SNMPTN, tersenyum lebar menatap hasil SNMPTN berwarna HIJAU, dan berkata '' Alhamdulilllah, akhirnya saya diterima di PTN impian ''
    So, sobat rencanakan dari sekarang agar tepat dan benar strategi nya.

    10. Kurang Bedoa

    Setiap manusia tidak terlepas dari Tuhan. Karena hanya Tuhan yang bisa membantu dan melancarkan urusan kita. Tuhan mempunyai jalan yang tidak kita ketahui untuk membantu kita. Hanya atas seizin Tuhan semua akan terjadi. Maka sobat juang juga harus rajin ibadah ya, selalu berdoa biar lolos SNMPTN. Penulis artikel mendoakan semoga yang baca artikel ini lolos SNMPTN, aaamiiinn.


    Baca Juga : 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +